Like Us On Facebook

#htmlcaption1 Go UP! Pure Javascript. No jQuery. No flash. #htmlcaption2 Stay Connected

Jumat, 26 Agustus 2011

Demam Investasi Emas, Baca Dulu Tips Cara Mainnya

JAKARTA Rabu, 10 Agustus 2011 13:13 wib - Meningkatnya harga emas pada level USD1.756 per ounce di tengah gejolak pasar global membuktikan bahwa komoditi ini masih menjadi instrumen investasi dengan risiko minim (safe haven).

Data Komisi Perdagangan Komoditas Berjangka Amerika Serikat (AS) menunjukkan, pembelian emas dalam satu bulan terakhir melonjak tajam hingga lebih dari 18 miliar ounce dari 8,4 miliar ounce pada tahun sebelumnya.

Penasihat keuangan dari Sica Wealth Management Jeffrey Sica menyatakan, belum terlambat untuk merengguk untung dari demam emas ini. Dia melihat, pertumbuhan sekira 20-25 persen dari logam mulia tersebut. Reuters, Rabu (10/8/2011), pun melansir tips berinvestasi dengan komoditi safe haven ini.

1. Beli dalam bentuk emas di pasar berjangka
Salah satu cara paling mudah dalam berinvestasi dengan emas adalah dengan membelinya dalam bentuk exchange-traded fund (ETF) seperti SPDR Gold Trust ETF, iShares Gold Trust, atau Market Vectors ETF Trust.

Kelebihan ETF dari instrumen modal lainnya adalah ia lebih mudah diperdagangkan dan dana yang dibutuhkan biasanya lebih rendah. Kelemahan berinvestasi dalam bentuk ETF adalah keuntungan yang didapat tidak selalu seketika dan terkadang tertinggal dari kenaikan harga emas. Risikonya adalah harga emas dapat naik dan turun sangat cepat.

2. Beli saham

Cara lain 'bermain emas' adalah dengan langsung ke sumbernya, yakni tambang emas. Sementara harga emas fisik kini meningkat, saham perusahaan tambang emas justru merosot. Namun, dalam beberapa bulan ke depan, saham-saham emas ini diproyeksikan akan menguat.

3. Beli aset emas

Orang menyimpan uang mereka dalam aset berharga seperti emas batangan. Ketika nilai mata uang jatuh, nilai emas batangan tetap. Emas fisik memiliki nilai keuntungan paling langsung. Namun, kelemahannya, para investor juga akan lebih kesulitan ketika ingin melepas aset mereka

Nur Anisah SH MSi

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright @ 2013 Pergerakan Harga Emas Indonesia.

Designed by Templateiy & CollegeTalks