Like Us On Facebook

#htmlcaption1 Go UP! Pure Javascript. No jQuery. No flash. #htmlcaption2 Stay Connected

Sabtu, 29 Maret 2025

Tanya Jawab Seputar Investasi Emas

1. Mengapa harus Emas?

Emas mempunyai berbagai aspek yang menyentuh kebutuhan manusia. Emas juga mempuyai manfaat emosial untuk dinikmati keindahannya. Sudah Ada kesepakatan budaya secara global bahwa emas adalah logam mulia dengan nilai estetis yang tinggi. Nilai keindahannya berpadu dengan harganya yang menarik sehingga jadilah emas sebagai sarana untuk mengekspresi diri, emas telah menjadi simbol status di berbagai sub-kultur di Indonesia.

Lebih dari itu, Emas juga ternyata mempunyai manfaat fungsional sebagai alat investasi. Emas adalah jenis investasi yang nilainya saat stabil, likuid, dan aman secara riil serta dapat dikelola sendiri. Dengan demikian emas sangat layak menjadisalah satu bagian dari portofolio investasi.

Emas dalam sejarah perkembagan sistem ekonomi dunia, sudah dikenal sejak 40 ribu tahun sebelum masehi. Emas acapkali diidentikan dengan sesuatu yang nomor satu, prestisius, dan elegan. Hal ini dikarenakan emas adalah Logam Mulia. Disebut logam mulia karena dalam keadaan murni –dalam udara biasa, emas tidak dapat teroksidasi atau dengan kata lain akan tahan karat. Emas banyak digunakan sebagai standard keuangan di banyak negara dan juga sebagai perhiasan, cadangan devisa. Dan sampai saat ini emas merupakan alat pembayran yang paling utama di dunia.

2. Mengapa harus berInvestasi Emas?

Emas mempunyai karakteristik yang berbeda dengan komoditi lainnya. Emas dipersepsikan bernilai di seluruh dunia. Emas mempunyai suplai terbatas dan permintaan yang tidak terbatas, sehingga harga emas semakin hari semakin naik. Semakin terbuka informasi secara global, maka secara global, individu dan lembaga akan mencari nilai dan nilai itu ada pada Emas. Inilah adalah alasan utama investasi Emas.

Alasan kedua adalah adanya ketidakdisiplinan mata uang dalam menjaga nilai khususnya mata uang yang tidak dibackup oleh emas. Ketidakdisiplinan ini menjadikan nilai mata uang selalu menurun. Hal ini menjadikan kondisi alami dalam masyarakat untuk berinisiatif melindungi assetnya dari penurunan mata uang dengan cara berinvestasi emas.

Alasan ketiga adalah Investasi Emas merupakan investasi yang bisa dikelola sendiri dan tidak bergantung kepada kinerja pihak ketiga.

3. Kapan memulai berinvestasi Emas?

Setiap saat bisa berinvestasi emas. Mulailah berinvestasi emas dengan membeli koin-koin emas 1 gram, 2 gram dan seterusnya. Dan saat mendapat untung besar, saat mendapat untung kecil, saat profit taking di bursa , pastikan keuntungan- keuntungan tersebut dikonversi dalam bentuk emas walaupun hanya sedikit.

Jadi mulailah dari yang terkecil dan mulai saat ini berinvestasi Emas. Dan pastikan disaat membeli Emas, niatkan untuk membeli Faktor Produksi atau niatkan untuk melakukan hal-hal yang sifatnya strategis seperti untuk menunaikan ibadah haji atau ibadah lainnya

4. Siapa Investor Emas itu?

Investor Emas adalah perorangan, lembaga atau perusahaan yang menyimpan emas dalam bentuk perhiasan, koin emas ataupun emas batangan walaupun hanya memiliki 1 gram emas saja. Investasi emas bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga, para profesional , para pelaku usaha, para pelaku bursa ataupun perusahaan-perusahaan sebagai alternatif investasi.

5. Dimana membeli emas?

Pembelian emas perhiasan bisa dilakukan di toko emas sedangkan untuk pembelian emas koin atau batangan Logam Mulia bisa dilakukan di gerai PT Antam Logam Mulia atau di toko emas terdekat atau diseluruh cabang Pegadaian Syariah (Produk MULIA). Lokasi PT Antam Unit Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia :

1. Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Jl. Pemuda-Jl.Raya Bekasi KM 18 PuloGadung Jakarta 13210. Telp 021 4757108 fax 4750665

2. Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Surabaya. Jl. Bubutan No. 98 Surabaya. Telp 031 5451034- 031 5345921 fax : 031 5315695

6. Apakah Investasi Emas adalah investasi yang pasif?

Investasi emas bukanlah investasi yang pasif, justru investasi emas adalah investasi yang bisa diaktifkan. Investasi Emas bisa digunakan sebagai Collateral/Jaminan di Pegadaian. Di Pegadaian , terdapat Produk KCA ( Kredit Cepat Aman/Konvensional ) dan Produk Gadai Syariah dengan akad Rahn & akad Ijarah yang dapat mengoptimalkan Investasi Emas menjadi Modal Kerja, baik untuk kebutuhan jangka pendek (KCA) maupun untuk kebutuhan jangka Panjang (Krasida).

7. Kapan Investasi Emas dijual?

Emas adalah Faktor Produksi. Jika Investasi Emas dijual , pastikan hasil penjualan investasi Emas digunakan untuk membeli Faktor Produksi , dan return/hasil dari Faktor Produksi tersebut pastikan disisihkan untuk membeli Emas kembali. Selain itu, Emas bisa dijual untuk melakukan hal-hal yang sifatnya strategis, seperti untuk menunaikan ibadah Haji ataupun untuk beribadah lainnya.

8. Kenapa Harus Antam untuk tempat pembelian emas Logam Mulia dan Pegadaian untuk tempat mengoptimalkan Emas?

Karena keduanya adalah Badan Usaha Milik Negara yang sudah berpengalaman dalam bidangnya. Antam berpengalaman dalam hal Emas Logam Mulia sedangkan Pegadaian sudah berpengalaman selama 106 tahun melayani masyarakat dan Pelaku Usaha untuk mengoptimalkan investasi emasnya.

9. Bagaimana dengan dinar (emas 22 karat 4.25 gram ) yang sesuai standar Islam?

Semua yang diniatkan untuk mencerdaskan bangsa ini dan diniatkan ikut serta dalam mengkondisikan keadilan dunia adalah bagus termasuk dinar. Sekarang dgn adanya underwriter2 dinar dibeberapa daerah bisa jadi menjadikan dinar lebih efisien, dan ini memang yang harus diperjuangkan. 

Namun permasalahan tax/pajak thdp dinar yaitu PPN 10% belum dpt dihindarkan. Jadi boleh pilih mau dinar 22 karat atau emas logam mulia 24 karat. 

Kalo emas logam mulia jelass ini adalah free tax dari mulai 1 gram s.d. 1 kilogram. Apapun pilihannya dinar/emas logam mulia yang penting niatnya adalah untuk ibadah.

10. Jik Di Antam Logam Mulia habis stock, kemana saya harus mencari Emas Logam Mulia ?

Walau di Antam Logam Mulia sedang habis stock, sistem penjualan emas logam Mulia tetap diadakan oleh Antam walaupun Inden/Penyerahan Emas tertunda. Investor emas yang datang ke Antam bukanlah orang-orang yang sudah tua, tapi eksekutif muda, pegawai, karyawan sudah mulai untuk berinvestasi emas. Artinya sekarang sudah mulai banyak investor-investor emas dan masyarakat pun sudah mulai mencari yang bernilai.

Selain di Antam, emas batangan logam mulia bisa dibeli toko emas-toko emas terdekat dengan tetap memerhatikan :
  • sertifikat antam
  • karat 99.99 bukan 99.98
  • cocokkan nomor id di sertifikat dengan nomor Emas logam mulianya.

11. Bagaimana dengan Investasi Emas yang tidak ada pisiknya?

Untuk sementara Konsultan Investasi Emas merekomendasi investasi emas secara pisik, kecuali jika di kemudian hari ada regulator dari Pemerintah yang mengatur investasi emas yang non pisik.

12. Apakah Bisa membeli Emas Logam Mulia lewat Crew Konsultan Investasi emas?

Banyak memang yang menanyakan hal ini. Kami menyarankan untuk langsung membelinya di PT Aneka Tambang di Jakarta dan Surabaya, membeli di toko emas terdekat atau membeli di Pegadaian terdekat (Produk MULIA).

13. Apakah Investasi emas cocok untuk tabungan Anak?

Investasi emas adalah investasi yang strategis untuk menggapai cita-cita yang strategis. Mulailah investasi emas untuk kebutuhan anak-anak dimasa mendatang.
Ada juga beberapa Artis yang sudah berinvestasi emas. Hal ini saya rekomendasikan karena mereka yang belum terbiasa dan belum siap melakukan usaha/bisnis. Sambil belajar mengamati bisnis yang cocok sesuai dengan talentanya, saya sarankan untuk menabung emas. Jika sudah merasa siap untuk berbisnis maka investasi emasnya dapat dijual untuk modal usaha/membeli tempat usaha. Jadi mulailah investasi emas dari 1 gram emas logam mulia dan mulailah saat ini juga.

(sumber: investasi-emas.info)

Nur Anisah SH MSi

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

2 komentar:

  1. JIKA ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL MBAH SURO DI JAMIN 100% TEMBUS, SILAHKAN HUBUNGI BELIAU DI 082354640471 TERIMA KASIH

    BalasHapus
  2. The 3" titanium boiling point in ribs
    3" titanium boiling point · 2-2 habanero pepper · 2 1/2 Cup diced onion · stainless steel vs titanium apple watch 2 titanium guitar chords ½ cup diced onion · 1/2 teaspoon cumin powder · galaxy watch 3 titanium 1/2 tsp ground black pepper · titanium fishing pliers 2 titanium eyeglass frames

    BalasHapus

 

Copyright @ 2013 Pergerakan Harga Emas Indonesia.

Designed by Templateiy & CollegeTalks