Like Us On Facebook

#htmlcaption1 Go UP! Pure Javascript. No jQuery. No flash. #htmlcaption2 Stay Connected

Senin, 28 Maret 2011

Tips Dalam Menjual Emas

Bukan berarti menjual emas adalah tindakan yang tidak rasional. Suatu ketika, kita harus menjual emas. Mungkin untuk kegiatan yang lebih produktif. Atau pada saat harga emas berada pada titik tertinggi dalam fluktuasi jangka pendek, sehingga kita harus melakukan aksi ambil untung (profit taking) jangka pendek.

Sebelum menjual emas, carilah terlebuh dahulu informasi mengenai harga emas dan kecenderungan jangka pendeknya ke depan.

Media massa selalu melaporkan perkembangan harga emas terbaru, sekaligus analisisnya terhadap kemungkinan perkembangan harga beberapa waktu mendatang.

Kita juga bisa meneropong tren harga emas di internet, misalnya melalui situs Pegadaian, Kitco, Goldprice, atau UBS Gold.

Setelah tahu persis pergerakan harga emas, barulah kita memilih tempat. Emas bersertifikat selalu diterima dimana pun. Emas 24 karat lebih mudah dijual daripada 18 karat. Emas dengan sertifikat akan lebih dihargai lebih tinggi. Perhiasan emas yang modelnya masih bertahan, juga akan lebih mudah dijual.

Usahakan untuk menjual kembali ditempat kita membeli sebelumnya, apalagi bila kuitansi pembelian masih ada. Jika ada perjanjian buy back guarantee, cobalah mencari informasi apakah harganya sudah terbaik. Bila ada tempat lain yang bersedia membeli dengan harga lebih tinggi, abaikan saja garansi itu. Jika menjual ke Logam Mulia Aneka Tambang, konon ada kemungkinan harganya sedikit lebih tinggi daripada di toko emas biasa.

Prosedur menjual emas sangat sederhana, mirip menukarkan uang di money changer. Kita tinggal membawa emas yang akan kita jual, kemudian pihak toko akan meneliti kadarnya. Setelah itu kita bisa menerima uangnya sesuai dengan harga yang berlaku saat itu. 

Masalahnya akan muncul pada saat harga emas berfluktuasi. Jika ini terjadi, mungkin ada perubahan harga antara jam sembilan pagi (pada saat toko buka) dan jam satu siang. Tapi biasanya, perbedaannya tidak terlalu besar.

Nur Anisah SH MSi

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright @ 2013 Pergerakan Harga Emas Indonesia.

Designed by Templateiy & CollegeTalks